Sunday 12 June 2011

Kompleksitas Dunia IT [IT Sebagai Suatu Sistem yang Kompleks]

1. Dunia IT merupakan Bidang ilmu pengetahuan yang sangat begitu kompleks, yang terdiri
    dari berbagai banyak sistem pendukung IT, seperti sistem KOmputer, sistem Informasi,
    dan sistem Perkembangan Teknologi itu sendiri. ketiga sistem tersebut sudah memiliki
    kompleksitas itu sendiri, yang kemudian akan dijadikan menjadi satu sistem yang
    melengkapi.
2. Kompleksitas dunia IT

Kompleksitas, dari kamus Besar Bahasa Indonesia kita akan menemukan arti kerumitan atau rumit / susah dipahami dsb. Di Era globalisasi ini saya yakin setiap individu psati mengenal apa namanya teknologi. Bahkan bisa dibilang kita tidak bisa hidup tanpa teknologi.

Jika kita berbicara tentang Teknologi Informasi saat ini, sesungguhnya kita berbicara mengenai suatu sistem yang sangat kompleks. salah satunya yaitu :

Market / Pasar

market merupakan cikal bakal terbentuknya suatu teknologi. Jika terdapat market yang memicu terbentuknya suatu teknologi maka dari pihak pengembang akan market merupakan cikal bakal terbentuknya suatu teknologi. Jika terdapat market yang memicu terbentuknya suatu teknologi maka dari pihak pengembang akan segera menciptakan hadware dan software untuk memenuhi market tersebut.

Brainware

Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.

Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer,  Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi:

1. System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek
    pembangunan  sebuah  sistem  informasi  khususnya  yang memanfaatkan komputer.
2. Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada
    sistem komputerisasi yang dirancang.
3. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi  dan  program-
    program  yang  berjalan  pada  sebuah sistem/jaringan komputer.
4. Operator : Pengguna  biasa,  hanya  memanfaatkan  sistem komputer yang sudah ada.

Hardware

Hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. 

Software

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Demikian Tulisan dari saya, Semoga bermanfaat bagi sesama.

Regard's
Mahendra

No comments:

Post a Comment